Sunday, July 15, 2012

Bentō Unik; Ada yang Lapar?

Pada tau apa itu " Bentō " kan? Kalau kata Wikipedia sih, Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik.
Bentō biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bentō sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini.
Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebutkyaraben. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bentō, walaupun bentō bisa dibeli di mana-mana. 
Nah, belakangan, Bentō ini mulai dilirik para pebisnis dan menjadikannya komoditas yang bisa diolah secara lebih kreatif. Sebut saja www.mymealbox.com, salah satu situs yang jualan Bentō dengan berbagai bentuk dan rupa, terutama karikatur-karikatur favorit anak-anak. Menarik sih, bisa jadi alternatif jika anak sulit makan (duileh gue sok ngerti gini huhu) atau sulit makan jenis makanan tertentu semisal sayuran. Kan, kalau udah lucu dan imut gini, siapa sih yang nggak tergoda? Cekidot deh hasil browsing kreasi Bentō yang menurut saya cukup unik-unik! Yummy, ada nggak yang mau bikinin saya salah satu di bawah? Pake ingredients yang halal thayyiban dan GRATIS, makasih. *mau enaknya aja hehe*



Ayo kita makan "orang yang sedang facial treatment" itu! Absurd banget ga sih?  Serem malah ini (-_-")



Siapa tega makan "Nintendo DS" sebegini imutnya ya? 


Ayo, ayo, "Dinasaurus" buat yang vegetarian =D

 
Awww, look at that "sheep", cutely sleeping. Siapa yang lapar, mari! =p


Ini mah lebih lama design bentonya daripada ngeludesinnya ini. Ada ya orang sesabar itu?!  (._.)a


Ini makanan apa boneka; kawaiiiii! :'D


Itu lukisan! Itu TV! Itu majalah! Bukan, itu BENTO! :O


Saya yang alergi sama kucing aja bakal demen sama yang ini, kalau semua ingredient halal! ;)


Awww, aren't they cute or what? XD


Sesame Street! Yes, who knows! :D


Anyone for a "full cup of BENTO"? :p

Ini, banget deh gue pengen punya yang begini *mata berbinar*


Biasa, demam Angry Birds...


Gue ngegambar yg beginian aja masih belepotan. Lha ini, dibikin dari makanan pula?! :o


Ini bener-bener deh. Ayo, ayo, yang mau makan "stik PS"! :D




No comments:

Post a Comment