Wednesday, October 31, 2012

Tungkop vs Tungkob!




Tungkop adalah sebuah kemukiman yang terletak di Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Bersama 2 kemukiman lainnya, yaitu Siem dan Lambaro Angan, ketiganya membentuk daerah seluas 76,42 Km 2 dan menaungi 29 desa di Kecamatan Darussalam dengan kodepos-nya 23373.
Kemukiman Tungkop sendiri memiliki 12 Desa, yaitu:
1. Desa Lampuja
2. Desa Lam Ujung
3. Desa Lam Gawe
4. Desa Lam Keuneung (pengumuman : saya tinggal di sini! :D )
5. Desa Lam Puuk
6. Desa Lamtimpeung
7. Desa Limpok
8. Desa Barabung
9. Desa Tungkop
10. Desa Lam Duroi
11. Desa Tanjung Deah
12. Desa Tanjung Selamat (data by: http://www.acehbesarkab.go.id)

Pusat dari Kemukiman Tungkop terletak di Simpang Tungkop (The Junction of Tungkop), sebuah persimpangan tiga yang menghubungkan Kotamadya Banda Aceh, Lambaro Angan dan Cot Keu’eung, yang juga merupakan jalan akses menuju Bandara Sultan Iskandar Muda.



Namun di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sendiri, nama Tungkop tidak hanya berada di Aceh Besar, masih ada Tungkob juga ada di Aceh Barat (pehatikan baik-baik Tungkop Aceh Besar[dengan P] dan Tungkob Aceh Barat [dengan B] ).
Tungkob adalah sebuah kerajaan bawahan Kesultanan Aceh (data by: http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kerajaan_yang_pernah_ada_di_Nusantara). Tungkob ini terletak di Pantai Barat Aceh dan merupakan tempat kelahiran pejuang wanita Aceh Pocut Baren, putri seorang uleebalang Tungkob bernama Teuku Cut Amat (data by:http://pusaka2aceh.wordpress.com/2008/01/28/pocut-baren).



catatan : 
Wah, ternyata, pahlawan yang namanya diabadikan sebagai nama jalan MTsN I Banda Aceh (baca: Pocut Baren) alias madrasah tsanawiyah saya dulu, lahir di Tungkob alias kota kembaran tempat tinggal saya sekarang yaitu Tungkop. Wah, kebetulan yang unik (ih ga penting banget) 

sumber : http://freddysetiawan.wordpress.com/2009/01/25/tungkop-dalam-coretan/

1 comment:

  1. unik2 ya nama desa di kemukiman tungkop.. boleh tau arti desa lam keuneung itu sendiri?

    ReplyDelete