Tuesday, January 28, 2014

Satu Buku Saja

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang telah menciptakan."
 Ayat pertama yang diturunkan Allah kepada Muhammad saw

Coba kalau kita disodorkan selembar formulir sekarang, untuk kepentingan terserah apa saja. Lalu di kolom tertentu ada pertanyaan, "Apa hobi anda?", kira-kira kebanyakan kita biasanya jawab apa? Yep, MEMBACA. Pertanyaannya, seberapa benarkah jawaban kita itu? Ada berapa buku yang teman-teman bisa habis baca dalam sehari? Sebulan? Setahun? Atau yang dibaca berulang-ulang cuma buku tabungan saja? Ya mau bagaimana lagi, mau baca buku nikah, kadang belum punya, maklumlah. #eh

Tapi intinya adalah, mari kita biasakan diri kita membaca dalam makna yang sesungguhnya; menambah khasanah baru, lalu mulai membenahi diri dengan khasanah yang didapat itu. Tak perlu banyak jika hanya mampu sedikit. Satu buku saja. Habiskan dalam sebulan. Lalu bagikan inspirasi dari hasil membaca itu kepada orang lain. Buat orang lain penasaran dan mulai membaca juga. Begitu seterusnya. Wahai, betapa rantai kebaikan itu bisa menjadi panjang dari hal-hal sederhana, kan?

Anggap saja ini gerakan biasa khas anak muda. Biasa sekali. Tak ada yang perlu dibesar-besarkan sebab pada dasarnya yang kita ajak teman-teman lakukan bersama #OneMonthOneBook adalah membaca 1 buku setiap bulannya, lalu menyebarkan inspirasi yang didapat dari membaca buku tersebut melalui blog pribadi teman-teman. Sederhana, tidak? Sederhana, kan?


“We read to know that we are not alone.” 
― William Nicholson


Dan karena jika memulai kebiasaan baik sendirian itu kadang membuat tidak semangat, maka mari kita bergabung di #OneMonthOneBook agar bisa saling berbagi dan saling mengingatkan. Kita mulai dengan hal kecil. Dari diri sendiri. Sekarang juga. Sebab kebaikan yang sedikit tapi rutin itu lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Singkatnya, Satu Buku Saja. :)

5 comments:

  1. Baiklah. Februari ini adalah target saya menyelesaikan buku Tanah Perempuan karya Helvy Tiana Rosa. #OneMonthOneBook

    ReplyDelete
    Replies
    1. sila gabung bersama kami di #OneMonthOneBook, buka blog kami www.satubukusaja.blogspot.com ^^b

      Delete
    2. oke sip, kebetulan baru saja berkunjung ke sana,

      Delete
  2. Keren juga idenya #OneMonthOneBook
    Mungkin nanti bisa berlanjut #OneYearOnePublish ... maksudnya satu tahun menelurkan satu buku baru, bisa sendiri atau keroyokan.

    ReplyDelete